Cashflow Quadrant by Robert T Kiyosaki

Sudah ada yang pernah membaca buku ini? Banyak di jual di pasaran seperti di toko gramedia dan toko buku lainnya. Kalau tidak punya disini ada ringkasan tentang buku itu.
Dibuku Cashflow Quadrant menjelaskan bagaimana bisa mencapai kebebasan financial dan mengupas fakta yang ada di bumi ini. Ada 4 Quadrant, diantaranya adalah Quadrant E(employee), SE(self-employee), B(business owner) dan I(investment).


1. Employee (E)
Contohnya : Seorang Pegawai Negeri / Karyawan di Perusahaan, Karyawan Rumah Makan dll. Baik dari mulai golongan rendah sampai Atasan , semua berada di posisi ini.

Cuman bisa saja mereka ke Quadran I atau B , atau ke SE. Tinggal bagaimana mengaturnya saja. kalau punya tabungan uang yang cukup , mungkin bisa beli rumah untuk investasi . ( sudah ada di quadrant I ) , atau mungkin ikut bisnis Network Marketing / MLM ( sudah di quadrant BO ) , atau mungkin punya keahlihan khusus misalnya : memasak , mengisi dubbing suara, dll ( sudah di quadrant SE ). sederhana bukan?
Jadi sebenarnya hidup kita hanya berputar-putar di Quadran ESBI. Mereka biasanya menukarkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk uang.

Menjadi seorang Karyawan sekaligus pengusaha juga bisa. Siapa bilang karyawan tidak bisa Kaya Raya? haha..

2. Self-Employee(SE)
Contohnya : Seorang Artis / Penyanyi , seorang Dokter , Pengacara, buka toko, dll. Disini mereka bekerja untuk diri mereka sendiri, mereka bosnya. Contohnya penyanyi, mereka menyanyi untuk dapat uang , kemudian beli Rumah / Apartement untuk investasi, kemudian mendirikan Perusahaan sendiri , kemudian ekspansi terus kemana mana , cuma orang yg berada di SE terbilang Special , bisa menjual Skills nya secara pintar , jarang mereka balik / berada di quadrant E lagi.  Mereka lagi-lagi menukarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk uang.

Jadi dokter, penyanyi atau pengacara juga bisa kaya raya kok. Ga ada yang mustahil.. :-)

3. Business Owner(B)
Contohnya : Pelaku Bisnis Konvensional, Waralaba , Network marketing / MLM , Direct Selling, dll. Begitu mereka sukses di B, biasanya ekspansinya menuju ke Quadrant Investor. Jadi nggak heran kalau mereka - mereka yang di Quadran ini bisa Ultra Kaya dan Sukses. Orang yang cukup modal bisa memilih Waralaba , tapi yang modal nya terbatas bisa ikutan bisnis MLM. Kalau sudah ada niat , tekat mental baja, sudah pasti sukses! Mereka menukarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membangun Asset dan nantinya mereka tidak perlu menukarkan waktu, tenaga dan pikiran lagi karena mereka sudah Freedom!

4. Invesment(I)

Contohnya : Para Investor , para Elit , Pengusaha Sukses di indonesia. Jangan lihat enaknya mereka sekarang , kebanyakan mereka dulu berawal dari bawah , usaha kecil - kecilan , dari quadrant E , SE atau B. Baru mereka sukses menjadi investor-investor besar seperti : GRoup Sampoerna , Bakrie Group , Gudang Garam , Garuda Group, Indofood, dll. Mereka tidak perlu lagi bekerja, mereka mempekerjakan uangnya untuk menghasilkan uang. Mereka disini tidak lagi bekerja, mereka menjadi majikan atas uang mereka sendiri. uangnya akan menghasilkan uang lagi. haha

Nah , Anda memiliki waktu dan ruang yang sama dengan kebanyakan orang-orang sukses itu. Sekarang tinggal niat , inisiatif dan daya juang anda untuk memilih dan mencoba.

Saran bagus adalah Kalau sekarang masih menjadi karyawan biasa , maka rajin lah menabung , belajar memilih bisnis yang cocok , belajar berinvestasi di bisnis. Kalau anda masih jadi pengangguran / PHK atau  masih mahasiswa. Pintar-pintarlah melihat peluang dan cari informasi yang berguna untuk masa depan dan pengembangan diri.

Sukses Anda ditangan Anda sendiri. Soo, Do The Best on Your Life. Sukses!!

0 comments:

Post a Comment