Kegunaan Internet

Internet adalah sebuah kemajuan teknologi yang berada di dunia maya. Zaman dahulu, internet digunakan untuk kepentingan militer semata. Tetapi dengan perkembangan zaman, kini internet dapat digunakan secara bebas, dimanapun kita berada dengan teknologi yang mendukung.



Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, budaya, dsb), antara lain:

1. Internet sebagai Media Komunikasi

Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang:

v Butuh 30 tahun untuk radio

v Butuh 15 tahun untuk televisi

v Butuh 3 tahun untuk web


Dengan aplikasi:



* Email
* WWW
* NewsGroup
* FTP Gopher
* Dan lain-lain

Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:

* Koran masuk Internet (Kompas Cyber Media)
* Detik
* Satunet
* CNN
* Majalah, brosur, dlsb

2 Internet sebagai media promosi, diantaranya:

* Image Company
* Pengenalan, dan pemesanan produk
* Registrasi klien
* Jadwal pengiriman dll

3 Internet sebagai Komunikasi Interaktif

* Email
* Dukungan Pelanggan dengan WWW
* Video Conferencing
* Internet Relay Chat
* Internet Phone
* Jejaring sosial ( Facebook, twitter, Ym, dll)

4 Internet sebagai alat Research and Development
Hasil dari research biasanya akan dipublish untuk kepentingan bersama dan kepentingan bersama, guna untuk membangun pengetahuan. Dan sebagai alat pertukan informasi baik dari pemerintah ke masyarakat, ataupun sebaliknya.

5 Internet sebagai Pertukaran data
Banyak sekali situs yang menyediakan layanan untuk membuat domain/hosting. Dan biasa yang banyak digunakan adalah wordprees dan blog. Karena fasilitas yang diberikan secara geratis.

1 comment:

  1. Terimakasih atas informasi yang sudah diberikan.Semoga memberikan manfaat untuk temen-temen yang sedang mencari informasi tersebut.

    BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

    ReplyDelete