Money Management

Halo pembaca. Kali ini kita akan membahas mengenai Money Management atau MM. MM ini adalah pengetahuan yang ga exact, artinya setiap orang punya MM yang berbeda beda. Karena yang memfaktori MM adalah pada diri setiap orang. Pada dasarnya MM mencakup 3 dasar, yaitu:


  1. Modal, modal sangat mempengaruhi, karena tanpa modal anda tidak bisa trading. Ibarat mau ke bulan, modal adalah roketnya. Jadi tanpa roket anda tidak bisa menuju ke bulan, dan sama halnya, tidak ada modal yach ga kemana-mana dalam dunia trading. Dan gunakan modal yang nganggur, jangan gunakan uang kebutuhan atau utang, ini bisa membuat anda lebih tenang dalam trading.
  2. Rule, rule memaintain kondisi trading anda, artinya dengan adanya rule, anda bisa menentukan jumlah profit dan jumlah loss yang bisa anda terima. Dengan begini anda bisa lebih nyaman untuk bertrading n ga sport jantung(hehe). Anda bisa meminimalkan kerugian anda dengan mengecilkan lot. Sebagai contoh, anda trading dengan menggunakan jumlah 1 lot dan ada memasang SL sebesar 100, dan kalau SL anda tersentuh, ada akan mengalami loss 100$. Sedangkan bila anda trading dengan menggunakan lot 0.1 dan SL anda tersentuh, maka anda hanya mengalami loss 10$. Beda jauh kan? jadi harus punya rule dalam memanage keuangan.
  3. Psikologi, ini memegang peran penting dalam trading. Jadi kalau ada mobil anda adalah penyupirnya. Sama dengan ilustrasi diatas. Hal ke-3 ini adalah yang paling susah, karena dipengaruhi oleh fear(takut) dan greed(serakah). Ini adalah sifat alami manusia terhadap uang, akan takut bila kehilangan uang dan serakah bila mendapatkan uang.

Sebuah contoh, saya masuk dunia forex dengan modal 400 $, gaya trading saya adalah day trader. SL yang berani saya terima adalah 50-100, dan TP 100-200(tergantung analisa), dengan jumlah lot 0.5. Dan punya rule untuk ga tergesa-gesa dalam masuk/keluar market. Sisanya ada dalam analisa, kapan mau masuk dan keluar.

So, kesimpulannya adalah setiap trader mempunyai MM yang berbeda-beda jadi, orang yg bermodalkan 5000$ tentu saja berbeda dengan orang yg bermodalkan 100 $. Dan yang perlu diperhatikan adalah, jumlah modal, rule yg anda buat dan berani diterima, serta dengan psikolog dalam trading. Maka anda akan bisa sukses dalam trading. Ingat yg mempengaruhi kita sukses dalam dunia trading bukan jumlah modal atau indikator apa yang anda pakai, melainkan MM anda. Sukses selalu. :)

0 comments:

Post a Comment